-->

5 Cara Mudah Untuk Mencegah Copy-Paste Pada Konten Blog Anda


5 Cara Mudah Untuk Mencegah Copy-Paste Pada Konten Blog Anda - Tak jarang saya menemukan konten/artikel blog yang semuanya adalah copy-paste seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitulah sekiranya, artinya lebih baik kita mencegah pencurian/duplikasi konten pada blog kita daripada melaporkan pada Google. Untuk mencegah copy-paste atau pencurian/duplikasi pada postingan blog, saya akan berbagi 5 cara untuk mencegah copy-paste pada blog.

Langsung saja pada inti pembahasannya, berikut ini adalah 5 cara untuk mencegah copy-paste pada blog. Simak baik-baik!

  1. Mendisable Klik Kanan
    Mendisable klik kanan maksudnya adalah menonaktifkan fitur klik kanan pada blog. Caranya adalah dengan menambahkan script dibawah ini pada widget blog anda.
        <script language=JavaScript>
        <!--

        //Disable right mouse click Script
        //Credit: http://media-refrensi.blogspot.com
        //untuk cara membuat blog tidak bisa klik kanan

        var message="Function Disabled!";

        ///////////////////////////////////
        function clickIE4(){
        if (event.button==2){
        alert(message);
        return false;
        }
        }

        function clickNS4(e){
        if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){
        if (e.which==2||e.which==3){
        alert(message);
        return false;
        }
        }
        }

        if (document.layers){
        document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);
        document.onmousedown=clickNS4;
        }
        else if (document.all&&!document.getElementById){
        document.onmousedown=clickIE4;
        }

        document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")

        // -->
        </script>
  2. Mendisable kombinasi tombol CTRL+U
    Cara yang kedua adalah mendisable kombinasi tombol CTRL+U dengan menonaktifkan CTRL+U, blog kita akan terhindar dari pencurian script pada blog. Cara kerjanya adalah ketika anda menekan kombinasi tombol CTRL+U maka otomatis akan dialihkan kesitus lain. Untuk memasangnya pada blog Anda, copy script dibawah ini kemudian paste-kan diatas kode </body>
  3. Mendisable Fungsi Block Text
    Cara yang selanjutnya adalah menonaktifkan fungsi block text, cara pemasangannya pun sangat mudah. Untuk mendisable fungsi block text, copy script dibawah ini diatas kode </body>

    <body oncontextmenu='return false;'>
  4. Claim Blog ke DMCA
    Cara ini adalah cara yang ampuh untuk mengatasi copy-paste pada blog. Kenapa saya bilang ampuh, dengan meng-claim blog ke DMCA maka secara otomatis postingan yang anda buat pada blog anda akan diclaim sebagai hak cipta anda. Untuk menclaim blog ke DMCA silahkan cari caranya sendiri di Google.
  5. Beri Peringatan pada Blog AndaSelain men-claim blog ke DMCA dengan memberikan peringatan pada Blog Anda akan terhindar dari pencurian artikel. Cara ini sama fungsinya dengan memberi peringatan pada teman Anda yang jahil, spontan teman Anda yang mendengar peringatan Anda akan langsung berhenti menjahili anda, kira-kira begitulah. Silahkan anda terapkan sendiri pada blog anda.
Demikian sajian postingan yang saya berikan kali ini, mudah-mudahan tips-tips diatas bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel Keuntungan dan Kerugian Pada Blog Copy-Paste Terima Kasih.

2 Responses to "5 Cara Mudah Untuk Mencegah Copy-Paste Pada Konten Blog Anda"

  1. memang sedini mungkin kita harus berusaha mencegah blog kita tidak dicopas ya sob, sebab sulit dan susah kita buat artikel, ehh tahu-tahu tinggal di jiplak saja. semoga dengan menerapkan tips di atas blog kita jadi aman dari Copas dan impian jadi Terwujud. Salam hangat dari www.terwujud.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yang agan katakan, tidak semua blogger senang kalau artikel yang dibuatnya di copy-paste oleh pihak lain apalagi engga ngasih izin, paling parah tuh ngga ngasih sumber linknya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel